Blog untuk PS IHPT Faperta Undana

Rekan dosen, alumni, dan mahasiswa (yang masih tersisa) PS IHPT Faperta Undana

PS IHPT Faperta Undana telah dibubarkan. Artinya, secara kelembagaan kita sudah tidak ada (lebih tepatnya eksistensi kita tidak diakui). Kita sudah berupaya untuk bertahan, tetapi apa daya, ada tangan-tangan yang lebih perkasa untuk memaksakan kehendak. Sebentar lagi seluruh mahasiswa PS IHPT sudah akan menyelesaikan studinya. Matakuliah PS IHPT secara perlahan-lahan lenyap. Lalu apakah kita boleh melupakan sejarah? Apakah kita begitu saja akan melupakan perjuangan berat yang kita lalui ketika dahulu berusaha mendirikan PS IHPT? Dan yang lebih penting lagi, apakah kita akan melupakan kebersamaan kita dalam meniti suka dan duka dalam menata keberadaan PS IHPT?

Saya hanya ingin mengajak rekan-rekan dosen, alumni, dan mahasiswa (yang masih tersisa) untuk menjaga semangat kebersamaan yang telah kita lalui selama ini. Tidak untuk tujuan apa pun selain itu. Tidak ada tujuan untuk mencari keuntungan apapun, apalagi tujuan politik. Saya tidak bisa memberikan kontribusi lain selain senantiasa berusaha untuk mengajak kita semua menjaga semangat kebersamaan dalam berkarya, dalam membangun atmosfer akademik di antara kita. Atas dasar semangat itu maka saya mencoba merancang blog ini supaya kita tetap mempunyai identitas kebersamaan setelah PS IHPT dipaksa bubar. Saya merancang blog ini untuk menjadi milik bersama, sebagai ajang untuk menyuarakan keberadaan kita sebagai kelompok profesi, sebagai ajang kita bertegur sapa secara akademik. Untuk itu, saya sangat mengharapkan bantuan rekan-rekan semua untuk menghidupkan blog ini, mengisi bersama blog ini, mengelola bersama blog ini. Ada banyak halaman di bagian atas blog yang masih harus diisi. Silahkan rekan-rekan klik tautan yang ada dan pikirkan apa yang kira-kira dapat disumbangkan. Kemudian silahkan pikirkan pula tulisan apa yang akan ditayangkan pada badan blog. Kepada rekan-rekan yang bersedia membantu, mohon luangkan sebentar waktu untuk menghubungi kami melalui tautan HUBUNGI KAMI. Mohon juga untuk mendaftar melalui gadget MARI BERGABUNG dan kemudian tinggalkan kesan/pesan pada gadget KESAN & PESAN.

Tulisan untuk ditayangkan pada badan blog hendaknya berkaitan dengan perlindungan tanaman. Panjang tulisan diharapkan terdiri atas 750-1000 kata saja, tidak termasuk judul dan daftar pustaka. Setiap tulisan, tentu saja, sebaiknya disertai dengan daftar pustaka, untuk dapat tetap menjaga nuansa akademik blog ini. Pengutipan dan pencantuman daftar pustaka diharapkan dilakukan dengan menggunakan gaya APA 6, bukan karena apa, tetapi agar konsisten. Sedapat mungkin, tulisan dapat disertai dengan tautan (links). Pencantuman tautan dapat dilakukan dengan menggunakan program pengolah kata. Bila rekan-rekan menggunakan Word 2007, menu tautan dapat diakses pada pita Insert. Tetapi bila mencantumkan tautan terlalu sulit, tanpa tautan juga tidak apa-apa. Tentu saja, supaya orang mengetahui siapa yang menulis, setiap tayangan harus disertai dengan nama lengkap. Nama tidak perlu disertai dengan gelar, cukup nama saja. Sebab orang akan menilai kita dari bobot tulisan, termasuk penggunaan bahasa, bukan dari gelar. Tulisan dapat dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris.

Untuk dapat menayangkan sendiri tulisan ke blog, rekan-rekan akan saya undang melalui email. Bagi rekan-rekan yang belum memperoleh undangan karena alamat emailnya berubah tanpa saya ketahui, silahkan menghubungi saya melalui tautan HUBUNGI KAMI. Setelah membuka email undangan, rekan-rekan akan mendapat panduan cara menayangkan tulisan. Tulisan yang rekan-rekan tayangkan mungkin akan mengalami proses penyuntingan, tetapi sedapat mungkin penyuntingan akan dilakukan hanya untuk mengindarkan ditayangkannya hal-hal di luar rambu-rambu.

Hanya begitu saja, saya tidak perlu berkata-kata terlalu banyak. Mari kita mulai bekerja. Mari kita tetap menjaga kebersamaan kita. Sebagaimana halnya OPT, semakin banyak disemprot pestisida maka menjadi semakin resisten. Kita harus mampu seperti itu, mampu menjadi biotipe baru yang lebih berjati diri. Sebelum nanti terlanjur menjadi GBHN yang tidak mampu menulis. Sebelum saya akhiri, untuk menyebarluaskan blog ini saya mohon bantuan rekan-rekan untuk mencantumkannya URL blog ini (http://perlintanfapertaundana.blogspot.com) di bawah tanda tangan email. Bila akun email rekan-rekan adalah Gmail, lakukan penyetelan otomatis melalui Setting pada bagian Umum. Atau bila rekan-rekan telah mempunyai akun Facebook atau Twitter, bantu menyebarkan URL blog ini melalui akun Facebook atau Twitter rekan-rekan. Kalau juga belum mempunyai, cukup kirim URL melalui pesan singkat.




0 komentar:

Posting Komentar

Bila Anda merasa menerima manfaat dari mengunjungi blog ini, tolong sampaikan komentar

Berbagi

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites