Rencana Penerbitan Jurnal Online Perlindungan Tanaman Lahan Kering

Sistem pertanian di Provinsi Nusa Tenggara Timur sebagian besar terdiri atas pertanian lahan kering. Pertanian lahan kering dalam hal ini diartikan bukan semata-mata dengan merujuk kepada keadaan tanah, tetapi juga dengan merujuk kepada keadaan lingkungan fisik lainnya, lingkungan hayati, dan lingkungan sosial sebagai suatu kesatuan yang saling berkaitan satu sama lain. Dalam hal ini pertanian lahan kering juga mencakup usahatani sawah tradisional yang dilakukan hanya pada musim hujan. Perlindungan tanaman lahan kering dengan demikian berkaitan dengan segala upaya yang dilakukan untuk mengurangi kehilangan hasil tanaman yang dibudidayakan dalam lingkungan fisik, hayati, dan sosial lahan kering. Mengingat agro-ekosistem lahan kering mempunyai ciri-ciri khusus yang berbeda dengan agroekosistem lahan basah maka diperlukan perlindungan tanaman dengan pendekatan khusus yang khas agro-ekosistem lahan kering.

Untuk memberikan kontribusi terhadap upaya pengembangan lahan kering tersebut maka Minat Perlindungan Tanaman, Jurusan Agroteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Nusa Cendana, merencanakan akan menerbitkan jurnal khusus yang diberi nama Perlindungan Tanaman Lahan Kering. Untuk menghemat biaya penerbitan, jurnal direncanakan akan diterbitkan secara online dengan memanfaatkan jasa layanan situs Internet gratis, layanan penyimpanan file gratis, dan cloud computing gratis. Karena akan diterbitkan secara online maka jurnal diberi nama lengkap Jurnal Online Perlindungan Tanaman Lahan Kering. Jurnal direncanakan akan diterbitkan sebanyak tiga kali dalam setahun (April, Agustus, dan Desember) dengan memuat artikel mengenai topik khusus, hasil penelitian, dan laporan OPT/permasalahan perlindungan tanaman. Setiap kali terbit direncanakan akan dimuat minimal 6 artikel, terdiri atas 1 artikel topik khusus, 4 artikel hasil penelitian, dan 1 artikel laporan OPT/permasalahan perlindungan tanaman. Setiap artikel direncanakan akan melalui proses ulasan oleh mitra bestari (peer review) sebelum diterbitkan. Artikel hasil penelitian dapat berupa hasil penelitian individu maupun hasil penelitian kelompok, baik oleh dosen, mahasiswa, maupun dosen dan mahasiswa.

Dewan redaksi jurnal terdiri atas ketua, redaksi kehormatan, redaksi ahli, redaksi pelaksana, dan bagian administrasi. Ketua dewan redaksi dan redaksi pelaksana akan diisi oleh dosen Minat Perlindungan Tanaman, redaksi kehormatan oleh pimpinan fakultas dan jurusan, sedangkan redaksi ahli akan terdiri atas para ahli dari universitas terkemuka di Indonesia dan di luar negeri. Pada saat ini pimpinan Minat Perlindungan Tanaman sedang menghubungi para ahli untuk mengkonfirmasi ketersediannya menjadi redaksi ahli. Sementara itu, dosen Minat Perlintan kini sedang mempersiapkan rencana penerbitan, panduan penulisan manuskrip, dan rancangan situs jurnal. Rencana tersebut kini sedang dalam persiapan, di antaranya penyiapan:
Rencana Teknis Penerbitan
Panduan Umum Penulisan dan Pengiriman Manuskrip
Panduan Khusus Penulisan Ulasan Topik
Panduan Khusus Penulisan Laporan Penelitian
Panduan Khusus Penulisan Laporan OPT/Permasalahan Perlindungan Tanaman

Untuk terbitan volume 1 nomor 1 (April 2012), topik jurnal adalah perlindungan tanaman untuk mendukung ketahanan pangan masyarakat lahan kering. Penulis ulasan topik akan ditunjuk oleh Dewan Redaksi. Volume 1 nomor 1 ini akan diprioriyaskan untuk laporan penelitian mengenai OPT dan perlindungan tanaman lahan kering, khususnya yang berkaitan dengan tanaman pangan, sayuran, dan buah-buahan lahan kering. Bagi parapeneliti yang ingin menerbitkan hasil penelitiannya, silahkan terlebih dahulu membaca panduan penulisan yang akan diaktifkan tautannya dalam waktu dekat. Karena itu, silahkan mencek kembali blog ini dalam waktu dekat. Untuk kepentingan pengulasan oleh mitra bestari (peer reviewers), penerimaan manuskrip dibatasi sampai minggu ketiga bulan Maret.

0 komentar:

Posting Komentar

Bila Anda merasa menerima manfaat dari mengunjungi blog ini, tolong sampaikan komentar

Berbagi

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites