Minat Perlindungan Tanaman Diminta Memberikan Pelatihan Pengamat OPT Perkebunan di Kabupaten Sumba Barat Daya

Minat Perlindungan Tanaman Fakultas Perlindungan Tanaman Fakultas Pertanian Undana memberikan Pelatihan Pengamat OPT Tanaman Perkebunan di Kabupaten Sumba Barat Daya. Permintaan disampaikan langsung kepada Dekan Fakultas Pertanian Undana oleh Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Sumba Barat Daya dan Dekan Fakultas Pertanian menugaskan kepada dosen Minat Perlindungan Tanaman untuk memberikan pelatihan. Dosen yang ditugaskan adalah Ir. I W. Mudita, M.Sc., dan Ir. T.S. Harini, MP. Pelatihan berlangsung pada 27-31 Maret 2012.

Peta Kabupaten Sumba Barat Daya
Materi pelatihan mencakup dasar-dasar dan kebijakan perlindungan tanaman, dasar-dasar pemantauan ekosistem, dasar-dasar identifikasi organisme pengganggu tumbuhan, pengenalan jenis organisme pengganggu tumbuhan pada tanaman perkebunan, teknik pengumpulan dan pengolahan data hasil pengamatan OPT, pengenalan agen pengendali hayati OPT perkebunan, dan kunjungan lapangan. Materi disusun dengan mengacu pada materi Sekolah Lapang OPT Tanaman Kakao dan Tanaman Kelapa yang sebelumnya diberikan oleh Minat Perlindungan Tanaman (ketika itu masih Program Studi Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan) yang diselenggarakan oleh Dinas Perkebunan Provinsi NTT (kini Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTT).

Materi Pelatihan SL-PHT Tanaman Kakao dan Kelapa yang menjadi dasar penyusunan materi pelatihan petugas pengamat OPT perkebunan tersebut dapat diakses melalui menu blog Perlindungan Tanaman atau dengan mengklik tautan berikut:
Dasar-dasar PHT dan Pemantauan Agroekosistem
Metode Pengumpulan dan Pengolahan Data
Dasar-dasar Identifikasi OPT Perkebunan
Dasar-dasar Pengambilan Keputusan Pengendalian OPT
Materi pelatihan akan ditayangkan pada blog ini setelah seluruh materi selesai disiapkan. Sesuai arahan Kepala Dinas Perkebunan, materi disusun dengan menggunakan bahasa yang sederhana mengingat pelatihan diikuti oleh petugas pengamat OPT dengan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda.

Sebagai tindak lanjut dari pelatihan ini, Minat Perlindungan Tanaman telah mempersiapkan blog khusus untuk menayangkan deskripsi OPT, termasuk di dalamnya OPT tanaman perkebunan. Blog deskripsi OPT ini diharapkan dapat membantu para petugas pengamat OPT untuk melakukan identifikasi OPT. Selain itu, blog tersebut diharapkan merupakan sumbangan Minat Perlintan Fakultas Pertanian Undana terhadap upaya pemerintah Provinsi NTT dan seluruh pemerintah kabupaten/kota di Provinsi NTT untuk membangun pertanian di NTT.




0 komentar:

Posting Komentar

Bila Anda merasa menerima manfaat dari mengunjungi blog ini, tolong sampaikan komentar

Berbagi

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites