Membuat Situs Web dan Blog dengan Mudah dan Gratis

Beberapa waktu yang lalu dosen Minat Perlintan Faperta telah bersepakat untuk membuat blog matakuliah asuhan masing-masing. Untuk tujuan tersebut, telah dilakukan semacam lokakarya pembuatan blog dengan menggunakan penyedia layanan blogger (blogspot). Entah bagaimana kabarnya sekarang, sejauh mana para dosen telah menindaklanjuti pembuatan blog tersebut. Atau barangkali membuat blog dengan blogspot terlalu sulit? Tetapi mahasiswa peserta kuliah Dasar-dasar Perlindungan Tanaman Semester Genap Tahun 2011/2012 telah berhasil mengerjakan tugas membuat blog dengan blogspot. Karena itu, membuat blog dengan blogspot sebenarnya tidak sulit. Hanya saja, mungkin, membiasakan menulislah yang membuat blogging menjadi tidak sepopuler Facebook atau Twitter.

Bila membuat blog dengan blogger memang tidak mudah, alternatif lain yang mungkin lebih mudah (mungkin saja lebih mudah bagi sebagian orang, lebih sulit bagi yang lain) adalah membuat situs web gratis. Apa memang ada layanan situs web gratis? Tentu saja ini mengherankan, mengingat misalnya berapa biaya yang telah dikeluarkan untuk membuat situs web Undana. Untuk bisa percaya, silahkan saja mendaftar di Weebly atau di Webs. Setelah mendaftar, setiap orang dapat membuat situs gratis atau berbayar, bergantung pada pilihan saat mendaftar. Untuk membuat situs, tidak diperlukan pengetahuan apapun mengenai HTML, CSS, atau tetek bengek sejenis lainnya (tentu saja kalau tahu akan lebih memudahkan). Pembuatan situs cukup dilakukan dengan memilih tema dan kemudian menggeser dan meletakkan pilihan menu (drag and drop). Pilih tema sesuka hati, tambahkan menu sesuka hati, dan mulailah menulis.


Menulis adalah yang sebenarnya menjadi masalah, bukan membuat blog atau situs. Sebab dengan blog atau situs, menulis harus dilakukan secara rutin atau kalau tidak, blog atau situs tidak akan dikunjungi orang. Sayangnya, menulis di blog atau situs tentu saja tidak seperti menulis di Facebook atau di Twitter. Menulis di blog perlu lebih terfokus karena tidak sekedar tulisan pendek seperti halnya yang biasa dilakukan di Facebook atau Twitter. Menulis panjang tentu saja memerlukan keterampilan dan selebihnya, hobi dan bakat.  Tetapi bagi seorang dosen, seharusnyalah menulis bukan lagi sesuatu yang terlalu sulit. Karena itu, alasannya mungkin lain. Mungkin karena di kampus tidak tersedia koneksi Internet (meskipun kampus universitas bewawasan global). Bila demikian, jawabannya tentu saja bukan sekedar pada dosen Minat Perlintan, tetapi pada pimpinan fakultas dan pimpinan universitas. Atau barangkali lebih baik ditanyakan kepada rumput yang bergoyang.

Halaman meendaftar di Weebly

Halaman mendaftar di Webs

Sekedar sebagai contoh, klik di SINI untuk melihat situs Minat Perlintan Undana di Weebly dan di SINI untuk situs di Webs. Cek juga Wix untuk tujuan yang sama: membuat website hanya dengan menggeser dan meletakkan pilihan.

0 komentar:

Posting Komentar

Bila Anda merasa menerima manfaat dari mengunjungi blog ini, tolong sampaikan komentar

Berbagi

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites